Monday, February 22, 2016

Batik Air Belum Boleh Buka Rute Baru

Sebuah pesawat Boeing 737-900ER milik maskapai penerbangan Batik Air yang mengoperasikan rute Jakarta-Yogyakarta tergelincir di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta November 2015 silam. Sejak saat itu izin penerbangan ID6380 yang terkait dengan insiden dibekukan oleh Kementerian Perhubungan. Penerbangan itu baru boleh dioperasikan kembali setelah Batik Air melakukan perbaikan dan melakukan corrective action yang disarankan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

towertravel



Direktur Utama Batik Air Achmad Luthfie mengatakan bahwa pihaknya sudah menjalankan berbagai perbaikan yang diminta oleh KNKT meskipun laporan akhir terkait dengan insiden itu belum dirilis kepada publik. “Safety audit dari Kementerian Perhubungan sudah dilakukan terhadap kami, sudah close semua, termasuk temuannya. Safety recommendation KNKT juga sudah dipenuhi. Semua sudah dipenuhi, tetapi rutenya sampai saat ini masih dibekukan,” katanya.

Selain membekukan penerbangan ID6380 Jakarta-Yogyakarta, ternyata Kementerian Perhubungan juga melarang Batik Air untuk mengajukan izin pembukaan rute penerbangan baru. Menurut Achmad, pengajuan rute penerbangan baru maupun penambahan frekuensi penerbangan bisa dilakukan setelah ada corrective action dari KNKT dan mendapatkan persetujuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. “Jadi, seakan-akan kami ini dihukum. Alhasil, banyak calon pilot yang mendaftar ke Batik Air, sekitar 80 orang yang standby mau masuk, jadinya enggak bisa masuk,” ungkap dia.

Achmad menambahkan, larangan pembukaan rute penerbangan baru dan penambahan frekuensi penerbangan yang sudah ada tentu saja menghambat ekspansi Batik Air. Dia pun hanya bisa berharap Kementerian Perhubungan segera mencabut pembekuan izin penerbangan ID6380 serta diizinkan membuka rute penerbangan baru dan menambah frekuensi penerbangan. “Banyak hal yang menjadi terhambat, termasuk ekspansi Batik Air,” imbuh Achmad
 
 
 Incoming Search :
  • Batik Air pesawat
  • Pesawat Batik Air
  • Batik Airline
  • Tragedi Batik Air
  • Batik Air jatuh
  • Tergelincir pesawat batik air
 
 
 


EmoticonEmoticon