Wednesday, July 15, 2015

H-3 lebaran Simpang Jomin Lenggang

H-3 15/07/2015 Simpang Jomin


Wakil Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Brigjen Sam Budigusdian mengatakan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) berperan besar mencegah kemacetan parah saat mudik Lebaran tahun ini. Namun, ia mengakui masih ada kepadatan lalu lintas di beberapa titik.

Selain Tol Cipali, faktor pendukung lancarnya arus mudik tahun ini ialah kesigapan polisi. Menurut Sam, para petugas sudah siap dengan segala kemungkinan karena sudah berkali-kali simulasi.

“Semua kendaraan masih sangat mungkin diarahkan ke Tol Cipali walau kepadatan sampai di KM 72 Tol Cikampek. Kalau memang harus dibuang dari Tol Cipali, jalur Pantura tetap lancar,” kata Sam kepada Media Indonesia, Rabu (15/7/2015).

Program mudik gratis, menurut Sam, juga memberikan kontribusi besar terhadap kelancaran arus mudik. Program yang diselenggarakan oleh berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta membuat efektivitas berlalu lintas meningkat.

“Tingkat keselamatan juga terjamin karena yang ikut mudik gratis menumpangi bus pariwisata yang bagus,” imbuh Sam.

Sementara di luar Jawa, Sam melaporkan, tidak ada peristiwa mencolok. Arus puncak di semua wilayah terjadi pada H-2 atau hari ini. Sam mengatakan, semua pemangku kepentingan, Polri, Kementerian Perhubungan, dan instansi terkait bisa melayani para pemudik dengan maksimal.

Terkait kecelakaan lalu lintas yang dialami bus Rukun Sayur di KM 202 Tol Palimanan-Kanci pada Selasa 14 Juli, Tim Analis Kecelakaan Korlantas menyatakan bus tidak layak jalan karena beberapa hal.

Dari Agen Pemegang Merek, didapat juga penjelasan bahwa stabilitator roda kemudi tidak beroperasi dengan baik. Selain itu, fungsi rem juga tidak bisa digunakan secara optimal. “Ban belakang, yang kiri dan kanan berbeda. Lebih parahnya lagi, yang mengemudikan bukan sopir utama,” kata Sam.

Di luar fisik kendaraan, Sam mengatakan izin operasi bus Rukun Sayur tidak dikeluarkan instansi seharusnya. Izin yang harusnya dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan justru dilegalisir oleh Dinas Perhubungan Jawa Tengah.

Kemudian, izin mudik juga disalahgunakan karena di luar jadwal, yakni pada 14 Juli. Bus seharusnya beroperasi selama 11 hari mulai 15 Juli. “Bus juga harusnya tidak digunakan jarak jauh,” tandas Sam.

Dari data yang dipegang Sam, hingga H-3, jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi secara nasional saat arus mudik ada 988 kejadian. Sebanyak 205 orang meninggal dunia, 350 mendapat luka berat, dan 1.127 luka ringan.

Jika dibandingkan tahun lalu, terdapat 1.190 kejadian pada periode yang sama dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai 267 orang. Luka berat 350 orang dan luka ringan 1.286 orang. 


EmoticonEmoticon