Friday, July 24, 2015

5 Tempat Kuliner Murah di Bali

Liburan ke Bali, siapa yang bisa menolak? Pulau Dewata ini selalu memiliki sejuta daya pikat yang mampu menarik perhatian wisatawan untuk kembali berkunjung. Bisa jadi, kamu adalah salah satu dari sekian wisatawan yang selalu merindukan Bali.

Bali memang tak pernah habis dijelajahi. Kamu akan sibuk sekali seharian, dimulai dengan berburu sunrise sejak sebelum subuh, menyusuri berbagai tempat wisata budaya, dan tak lupa menanti sunset di pantai cantiknya.

Nah, di sela-sela berpetualang dari objek wisata satu ke yang lainnya, kamu bisa sembari mencicipi kuliner lezat asli Bali. Kami telah merangkum lima tempat makan yang tersebar di berbagai area di Bali dan wajib kamu singgahi sebelum melanjutkan perjalanan. Bukan cuma murah, tapi masing-masing juga istimewa. Penasaran? Yuk, lihat ulasannya di bawah ini!

1. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Kamu bisa habis dua porsi kalau nasi ayamnya seenak ini. (sumber: www.beforeitsnews.com)
Kamu bisa habis dua porsi kalau nasi ayamnya seenak ini. (sumber: www.beforeitsnews.com)

Belum ke Bali kalau belum mencicipi Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Kenapa? Nasi ayam adalah salah satu kuliner khas Bali yang banyak dicari dan Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku bisa dibilang sebagai pelopornya, khususnya di kawasan Ubud.

Berdiri sejak tahun 1970an, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku masih menggunakan resep asli sampai sekarang. Jadi nggak heran kalau kualitas rasanya tidak berubah dari masa ke masa.
Buat yang suka makanan pedas, kamu wajib datang ke sini!
Nasi ayam olahan Ibu Mangku ini punya rasa pedas yang khas dan sulit kamu temui di tempat lain.

Coba pesan satu porsi lengkap nasi ayam dan nikmati kelezatannya. Satu porsi nasi ayam berisi nasi, ayam bumbu, ayam suwir, sayur urap, telur pindang, sambal dan taburan kacang goreng. Begitu masuk mulut, kamu bisa merasakan perpaduan yang pas dari tekstur lembut ayam dan renyahnya kacang goreng.

Harga : mulai dari Rp15.000.

Alamat Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku:
  • Ubud : Jalan Raya Kedewatan No.18, Ubud.
  • Denpasar : Jalan Tukad Badung No. 3 (Jalan Tukad Yeh Aya), Denpasar.
  • Seminyak : Jl. Kayu Jati (daerah Oberoi/Laksmana), Seminyak, Kuta.

2. Ayam Betutu Men Tempeh Gilimanuk

Pedasnya bikin nagih. (sumber: www.flickr.com/photos/baliwwwdotcom)
Pedasnya bikin nagih. (sumber: www.flickr.com/photos/baliwwwdotcom)

Ke Bali tapi belum mencicipi ayam betutu? Kamu belum bisa pamer ke teman-temanmu. Ayam betutu menjadi salah satu kuliner wajib di sini. Catat Ayam Betutu Men Tempeh di Gilimanuk ke dalam daftar teratas tujuan wisata kulinermu. Apa istimewanya tempat ini?

Sebelumnya, ayam betutu hanya ada di saat upacara tertentu di Bali, atau dihidangkan sendiri di rumah masing-masing. Sampai pada tahun 1970an, Men Tempeh mulai membuka rumah makan yang menyajikan ayam betutu di kawasan Terminal Gilimanuk. Saat ini, banyak sekali rumah makan yang menamakan dirinya sebagai cabang dari Ayam Betutu Men Tempeh, tapi sebaiknya kamu mencicipi sajian ini di tempat aslinya.

Ayam betutu disajikan dalam beberapa pilihan: ayam utuh, ayam setengah utuh dan ayam satu porsi yang dihidangkan per potong. Ayam ini akan disajikan bersama nasi dan sayur pelengkap sesuai pesanan seperti plecing kangkung dan lawar ayam. Selain itu, ada juga sambal matah, sambal terasi dan kacang tanah sangrai.

Harga : mulai dari Rp30.000

Alamat Ayam Betutu Men Tempeh Gilimanuk:
  • Terminal Lama Gilimanuk, Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

3. Sate Plecing Arjuna

Daging yang empuk dan sambal yang super pedas jadi perpaduan yang nikmat. (sumber www.wisatakulinerbali.wordpress.com)
Daging yang empuk dan sambal yang super pedas  (sumber www.wisatakulinerbali.wordpress.com)
Plecing kangkung sudah biasa kamu dengar, bagaimana dengan sate plecing? Hmm, penasaran? Datang saja ke Sate Plecing Arjuna.

Sate plecing memang beda dari sate lainnya. Jika biasanya sate dipadu dengan saus kacang, sate plecing menggunakan sambal khas Bali. Sambal ini terbuat dari cabai yang diracik bersama bawang putih, kemiri, terasi kemudian disiram minyak dan jeruk limau. Buat yang suka makanan pedas, sate ini tentu akan menjadi kuliner favorit.

Kamu suka sate apa? Sate Plecing Arjuna menyediakan sate daging sapi dan daging babi. Setelah dibakar di atas arang panas, sate disajikan dengan sambal plecing pedas atau manis sesuai selera.

Harga : mulai dari Rp20.000

Alamat Sate Plecing Arjuna:
  • Jalan Arjuna 49, Denpasar.

4. LuhTu Coffee Shop

Kopi nikmat dan pemandangan pantai indah di satu tempat. (sumber: www.bali.tribunnews.com)
Kopi nikmat dan pemandangan pantai indah di satu tempat. (sumber: www.bali.tribunnews.com)
Di mana tempat nongkrong asyik di Sanur? Jawabannya di LuhTu Coffee Shop. Tempat nongkrong ini cocok banget buat kamu yang butuh mengisi perut tapi tetap ingin memanjakan mata dengan pemandangan elok. Pilih  tempat duduk di area terbuka agar kamu bisa bersantap ditemani pemandangan Pantai Sindhu dan semilir angin yang menambah nikmat saat santaimu.

LuhTu Coffee Shop sangat mengerti anak muda. Dengan fasilitas WiFi gratis, kamu bisa terus eksis di media sosial dengan berbagi foto liburanmu selama di Bali.

Jangan lupa mencicipi kue lezat ala LuhTu Coffee Shop. Di sini, ada sekitar 20 jenis kue dan pastry untuk menemani secangkir kopimu. Kamu bisa pesan carrot cake, lemon cheese cake atau chocolate cake yang pasti bikin program dietmu terlupakan. Selain kopi dan makanan ringan, ada juga all day menu yang berisi beragam hidangan internasional, mulai dari gado-gado sampai burger.

Harga : mulai dari Rp20.000

Alamat LuhTu Coffee Shop:
  • Jalan Pantai Sindu, Sanur.

5. Pasar Malam Kereneng

Makan dulu, bayar kemudian. (sumber: www.berwisatadibali.com)
Makan dulu, bayar kemudian. (sumber: www.berwisatadibali.com)

Ingin wisata kuliner sekaligus berburu oleh-oleh di satu tempat saja? Pasar Malam Kereneng adalah pilihan yang cocok buatmu.


Sore menjelang petang, pasar tradisional ini berubah menjadi tempat wisata kuliner yang  didatangi banyak warga setempat dan wisatawan. Di sini, kamu bisa menemukan beragam kuliner khas Bali dan nusantara lainnya dengan harga yang nggak bikin kantongmu kempes.

Setelah puas bersantap, saatnya berburu oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman. Kamu bisa menemukan ragam suvenir khas Bali, mulai dari kain Bali sampai aksesoris tradisional lainnya. Jangan lupa menguji kemampuan menawarmu, ya, biar dapat harga yang murah meriah.

Harga : mulai dari Rp10.000

Alamat Pasar Malam Kereneng:
  • Jl. Kamboja, Badung, Denpasar.
 Yupp...itulah referensi 5 Tempat Kuliner Murah di Bali, Semoga Bermanfaat ya Happy Traveling


 




EmoticonEmoticon